-->

Palestina Juga Berhak Merdeka #LoveForPalestine

Palestina Juga Berhak Merdeka #LoveForPalestine - Readers, sebentar lagi kita akan memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Ya, pertanggal 17 Agustus 1945 hingga 17 Agustus 2024 terhitung sudah 79 tahun bumi pertiwi merdeka. Berkat perjuangan para pahlawan dan juga generasi terdahulu kita bisa hidup dengan merdeka di negara kita sendiri. Sehingga menjadi negara yang bebas dari segala bentuk penindasan, dan penguasaan bangsa asing. 

Kini yang menjadi PR kita bersama adalah bagaimana mempertahankan kemerdekaan, menjalani dengan sebaik-baiknya, dan beradaptasi agar bisa menjadi negara yang terus berkembang hingga maju.

Mengingat kemerdekaan Indonesia yang ke 79, di sisi lain dunia sedang dihadapi dengan keadaan Palestina yang sedang dijajah oleh Israel. Setiap kali melihat berita mengenai penjajahan tersebut rasanya begitu pilu, karena yang dilakukan Israel terhadap Palestina sudah sangat tidak berperikemanusiaan. Selain itu mengingat tanah Palestina merupakan tanah yang diberkati oleh Allah SWT, hati berkata bahwa Palestina Juga Berhak Merdeka

Seperti dalam QS Al-isra 17:1, selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Rasulullah SAW juga menganjurkan umat muslim untuk berziarah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Rasulullah SAW bersabda "Janganlah kamu bersusah payah melakukan suatu perjalanan menuju masjid kecuali ketiga masjid, yaitu Masjidil Haram (di Mekah), masjidku (Masjid-Nabawi di Madinah), dan Masjidil Aqsha (di Palestina)," (HR Al Bukhari dan Muslim)

Sangat jelas bahwa kita harus mempertahankan dan mendukung keberpihakan kita kepada Palestina. Hancur banget rasanya hati ini ketika melihat tragedi genosida di Palestina. Berikut merupakan infografis mengenai tragedi genosida 7 Oktober 2023 di Palestina, yang dirangkum oleh Rumah Zakat :

Hubungan Palestina dan Indonesia 


Readers, Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara merdeka secara de facto, tanggal 6 September 1944. Pengakuan ini disebarluaskan ke seluruh dunia oleh seorang mufti besar Palestina, yakni  Syekh Muhammad Amin Al-Husaini.

Dukungan Palestina terhadap kedaulatan Indonesia sudah disampaikan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia saat para tokoh Palestina, Muhammad Amin Al-Husaini mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia meski belum resmi merdeka. Masyaa Allah, membaca sejarah mengenai ini aku jadi terharu Readers.

Upaya yang Dilakukan dalam Keberpihakan Terhadap Palestina 


Readers, dalam menyatakan sebuah keberpihakan tentu ada upaya yang bisa kita lakukan. Dimulai dari hal yang sudah pasti bisa kita melakukannya. Berikut merupakan aksi yang bisa kita lakukan untuk kemerdekaan Palestina #LoveForPalestine :

Yang pertama, kita bisa bersuara melalui media sosial, dengan membagikan konten mengenai Palestina menggunakan hastag #LoveForPalestine #FreePalestine 

Tunjukkan bahwa kita berpihak kepada Palestina, kekuatan dari media sosial memang seberpengaruh itu Readers.

Yang kedua, adalah dengan cara memboikot produk yang mensponsori aksi genosida di Palestina. Aku sendiri mengartikan aksi boikot ini dengan cara tidak membeli. Tapi, jangan sampai ya Readers, gara-gara aksi boikot ini kita menjadi salah paham atau malah menyalahkan satu sama lain. Bagaimana pun kita harus menjaga perdamaian antar sesama.

Dan jangan sampai juga kita memaksakan diri dalam memboikot ini, jangan sampai kita malah menzolimi diri sendiri dan orang lain. Tetap perhatikan kebaikan bersama.

Yang ketiga, adalah dengan cara ikut aksi damai, sebagai dukungan menyuarakan kemerdekaan Palestina. Nah ini kalau bisa ya Readers, kita juga harus tahu kapasitas diri kita. Jika memang kita mampu untuk mengikuti aksi damai, maka berangkat. 

Aku pernah melihat ekspresi-ekspresi saudara saudari kita di Palestine ketika melihat aksi ini, mereka tampak senang karena merasa didukung. Masyaa Allah, membuat senyum di bibir saudara saudari kita di Palestine juga merupakan ibadah kan Readers?

Yang keempat, adalah dengan cara kirim bantuan semampunya. Untuk membantu masyarakat Palestina mulai dari masa tanggap darurat hingga recovery.

Rumah Zakat Luncurkan Gerakan #LoveForPalestine Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79


Readers, jelang hari kemerdekaan Indonesia ke 79, Rumah Zakat yang merupakan lembaga amil zakat nasional milik masyarakat Indonesia, meluncurkan gerakan #LoveForPalestine, sebuah upaya untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina, dan juga berupaya untuk mendistribusikan bantuan untuk masyarakat di Gaza dengan berkolaborasi bersama banyak pihak.

Indonesia bersama Palestina yang merupakan program dari Rumah Zakat berkolaborasi bersama 70.000 donatur perorangan, 226 Mitra Korporat dan komunitas  Dengan rencana distribusi bantuan kemanusiaan Palestina hingga November 2024 yakni 72.000 paket makanan siap saji, 600 pakaian dan selimut, 1000 paket food basket, 2000 truk tangki air bersih, dan 16 titik waterwell. 

Total dana yang telah disalurkan untuk Palestina bersama Rumah Zakat yakni lebih dari 30 milyar. Masyaa Allah, insyaa Allah sangat bermanfaat untuk saudara saudari kita di Palestina. 

Nah Readers, dalam upaya keberpihakan kita dan juga dukungan kita untuk Palestina, kita bisa kirim bantuan semampunya yakni salah satunya ke Rumah Zakat melalui link https://linkrz.id/LoveForPalestine . Mari kita bersama mendukung kemerdekaan Palestina dengan cara yang bisa kita lakukan. Karena sesungguhnya kita mencintai tanah yang telah diberkati oleh Allah SWT. #LoveForPalestine

Jangan pernah putus dan semakin tebalkan rasa cinta kita kepada Palestina ya Readers! Tetap berdoa dan lakukan aksi-aksi yang bisa kita lakukan.


0 Response to "Palestina Juga Berhak Merdeka #LoveForPalestine"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel