-->

Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024

Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024 - Readers, pada artikel sebelumnya aku membahas soal salah satu talk show yang ada di Wedding Batak Exhibition, nah pada artikel ini aku akan mengulas tentang Fashion Show yang juga ada di rangkaian acara Wedding Batak Exhibition 2024 yakni sebuah persembahan karya-karya dari Chathaulos dengan tema "Transformation", desainer Martha Simanjuntak.

Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024
Martha Simanjuntak bersama Sang Ibunda Nyonya Djaudin Simanjuntak br Panjaitan, dan Sahabatnya, Beserta Para Model yang telah memperagakan karya busananya. 

Jujur ya, semakin ke sini aku tuh ingin mengulik lebih banyak soal budaya yang ada di Indonesia. Sangat menarik! Kaya banget ya Indonesia dengan tradisi dan budayanya.

Nah kebetulan di acara Wedding Batak Exhibition 2024 ini banyak sekali karya-karya ulos yang bisa aku ulik, salah satunya yaitu dari Chathaulos. Asli senang sekali! 

Tentang Chathaulos


Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024
Booth Chathaulos di Wedding Batak Exhibition 2024

Btw Readers, Chathaulos didirikan oleh Martha Simanjuntak pada September 2019 terinspirasi oleh sepenggal kalimat Ijuk Pangihot Ni Hodong yang artinya jika Ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka Ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama. 

Sebagai kecintaannya kepada budaya Indonesia salah satunya Ulos yang merupakan budaya Batak yaitu ingin menjadikan kain Ulos sebagai hasil karya seni yang memiliki nilai estetika, dikerjakan oleh tangan-tangan terampil pengrajin kain ulos dengan semangat modern dan dicintai masyarakat Indonesia, bisa dikenal Mancanegara dimana kain Ulos sebagai identitas budaya Indonesia. 

Dengan visi dari Chathaulos yakni menjadi brand lokal yang dapat mengangkat budaya Indonesia melalui keunikan kain Ulos yang dipadukan dengan semangat modern melalui tangan-tangan terampil pengrajin kain Ulos yang ditenun dengan sepenuh hati dan kreativitas tanpa batas. 

Sedangkan Misi dari Chathaulos adalah membuat dan mendesain pakaian dari kain Ulos yang dikombinasikan dengan jenis kain apapun, sehingga menjadi fashionable, dan elegan casual yang dapat dipakai oleh siapa saja. Serta membuat pakaian yang menerapkan Zero Waste Fashion untuk  meminimalisir limbah kain. 

Desain konsep dari Chathaulos yang pertama yaitu Ulos masa kini, dengan ulos masa kini ini maka desain tersebut bermotif etnik ulos dan unik, juga cocok dipakai untuk acara santai dan formal, desain pakaian yang kekinian dan nyaman dipakai. 

Untuk desain konsep dengan cuma kamu yang punya, tentunya didesain secara limited edition bergaya etnik, menciptakan gaya fashion modis dan fashionable.

Dan konsep dengan judul Zero Waste Fashion, tentunya didesain dengan simple dan go green, busana zero waste yang fashionable, eksklusif, dan unik, 

Asli keren banget sih gebrakan dari Martha Simanjuntak, meskipun usianya sudah di atas 50 tahun, tetapi karya-karyanya update banget! Tetap membaca arrtikel ini untuk melihat dan menyaksikan karya-karya keren yang lahir dari Chathaulos ya.

Chathaulos " Transformation"


Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024
Karya-karya desain Martha Simanjuntak

Dalam acara Fashion Show Chathaulos "Transformation" ini diiringi juga oleh nyanyian dari suara merdu Annastasya Arini yang merupakan sahabat SMA Martha Simanjuntak, menyanyikan lagu favorit sahabatnya. 

Ketika acara Fashion Show berlangsung, semua pengunjung tampak antusias untuk melihat karya-karya dari Chathaulos "Transformation". Panggung penuh dikelilingi oleh rekan dari Martha Simanjuntak maupun pengunjung yang datang. 

Transformation adalah representasi dari perjalanan yang penuh makna—perjalanan yang merefleksikan perubahan, adaptasi, dan pertumbuhan, dunia fashion, tetapi juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Tema ini terinspirasi oleh ulos, kain tradisional Batak yang memiliki nilai filosofi mendalam. Dalam setiap motif dan coraknya, ulos bercerita tentang evolusi dan transformasi yang terjadi dalam kehidupan manusia khususnya dalam Masyarakat Batak.

Bisa dilihat ya Readers, setiap desainnya terlihat modern namun masih tersirat unsur budaya Batak, yakni kain Ulos. Benar-benar perpaduan yang elegan! 

Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024
Chathaulos "Transformation"

Melalui koleksi ini, Chathaulos ingin menyoroti bagaimana kain ulos, yang dahulu hanya dikenal sebagai kain tradisional, kini dapat bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih modern, relevan, dan bahkan futuristik, tanpa kehilangan esensinya sebagai simbol kebudayaan yang kaya. Setiap potongan dalam koleksi ini adalah perpaduan antara tradisi dan inovasi, mencerminkan semangat untuk terus berkembang tanpa melupakan akar budaya kita.


"Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi Anda semua terhadap karya-karya kami. Semoga malam ini dapat memberikan inspirasi dan kenangan indah bagi kita semua." Tutur Martha Simajuntak usai mempersembahkan karya-karyanya pada Fashion Show malam itu.

Readers, koleksi Chathaulos ini dijual dan penjualan pertama akan disumbangkan kepada anak-anak penderita kanker.

Akhir kata dari Martha Simanjuntak “Jangan pernah Lelah mencintai Indonesia, Bangga pakai Produk Indonesia. BATAK untuk Indonesia” HORAS dan MAULIATE!


0 Response to "Fashion Show Chathaulos "Transformation" di Wedding Batak Exhibition 2024 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel